Selamat Datang ke Blog araaz 2012 Blog apa saja yg difikirkan... Versi Hitam Putih :)
Apa saja yang difikirkan & Dari LENSA araaz....................: Mengapa Bayi Menggemaskan hingga Usia 4,5 Tahun?

Mengapa Bayi Menggemaskan hingga Usia 4,5 Tahun?

Mengapa Bayi Menggemaskan hingga Usia 4,5 Tahun?

Dengan wajah bulat, mata besar yang bening, serta hidung dan mulut mungil, bayi dapat memikat hati semua orang yang melihatnya. Namun semua hal yang membuat bayi terlihat lucu dan menggemaskan itu akan hilang setelah sang anak menginjak usia 4 tahun 6 bulan.

Penelitian oleh ahli psikologi dari Cina dan University of Toronto di Kanada menunjukkan bayi kehilangan wajah lucunya pada usia 4,5 tahun. Fakta tersebut diperoleh tiga ahli psikologi, Lu Zhu Luo, Hong Li, dan Kang Lee, setelah mendapat masukan dari 60 orang sukarelawan dewasa.

Mereka menyerahkan banyak sampel foto wajah bayi, mulai yang baru lahir hingga anak usia 6 tahun 6 bulan, kepada para sukarelawan untuk dinilai. Penilaian didasarkan pada dua hal: seberapa besar minat sukarelawan terhadap wajah pada foto itu dan seberapa menarik wajah tersebut.

Jawaban itu dipakai untuk memperkirakan pada umur berapa bayi kehilangan wajah menggemaskan mereka. "Orang dewasa menilai anak yang lebih muda lebih disukai dan menarik," kata Kang Lee dari Institute of Child Study, University of Toronto, kepada Sciencedirect. "Setelah berusia 4 tahun 6 bulan, penilaian tersebut sudah tak berlaku."

Menurut dia, wajah lucu bayi disebabkan oleh tulang tengkorak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Selama kurun waktu tersebut, struktur wajah bayi memperlihatkan muka yang membulat, mata yang besar, dan kepala yang besar, sedangkan hidung dan bibirnya kecil. Selama tahap pertumbuhan, wajah kanak-kanak yang menggemaskan perlahan menghilang setelah ia mengnjak usia 4 tahun 6 bulan.

Hal itu ada hubungannya dengan strategi survival manusia sebagai spesies. Manusia cenderung tertarik pada fitur-fitur tersebut seperti wajah bulat, mata besar, dan hidung serta mulut yang kecil, dan menganggapnya menggemaskan. Fitur itu membuat manusia merasa lembut dan protektif, sehingga meningkatkan peluang bayi itu untuk selamat.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts